Daftar Kontroversi Gubernur Terbodoh Greg Abbott

Sebutan gubernur terbodoh melekat pada Greg Abbott, merupakan gubernur Texas yang penuh kontroversi. Hal ini tentu saja bukan tanpa sebab, karena kebodohannya ia membagikan artikel palsu tentang negaranya sendiri.

Bukan hanya sampai disitu saja, kontroversi lain juga lekat kaitannya dengan Abbott. Bernama lengkap Gregory Wayne Abbott, lahir di 13 November 1957. Ia adalah seorang jaksa dan gubernur Texas ke-48, anggota Partai Republik dan merupakan gubernur pertama yang secara permanen menggunakan kursi roda di Texas.

Abbott memperoleh gelar Bachelor of Business Administration dari University of Texas di Austin. Ia mengambil bidang keuangan dan menjadi anggota Young Republicans Club. Memulai karir sebagai jaksa hingga tahun 2015, lalu terpilih sebagai gubernur Texas sejak 20 Januari 2015.

Kontroversi Abbott yang Manuai Kontroversi

Gubernur terbodoh Texas Greg Abbott memang vokal dalam berbagai kesempatan. Hal ini pula yang menjadi boomerang baginya, hingga tercatut namanya sebagai gubernur yang bodoh. Berikut adalah beberapa bukti kebodohan Abbott selama menjabat sebagai gubernur:

  • Menentang wajibnya pemberian vaksin Covid-19

Abbott mengeluarkan perintah eksekutif yang melarang berbagai organisasi, perusahaan swasta untuk mewajibkan warganya menerima vaksin. Ia menjadi pemimpin AS yang cukup vokal dalam menyuarakan ketidaksetujuannya akan kewajiban vaksin.

Dari kutipan laman BBC, Abbott memang mengeluarkan perintah pelarangan kewajiban vaksin bagi banyak organisasi dan larangan juga ia berlakukan bagi pengusaha swasta di wilayahnya. Bahkan ia meminta anggota parlemen dari negara bagian untuk mengesahkan larangan dari Abbott untuk menjadi undang-undang.

Ia mengatakan “vaksin Covid-19 efektif, aman dan merupakan pertahanan terbaik kami untuk melawan virus. Akan tetapi kalian harus sukarela menerima dan tidak memaksakan.”

Ia bahkan sempat bersitegang dengan Presiden AS Joe Biden. Abbott mengeluarkan surat perintah di tanggal 11 Oktober 2021 terkait pelarangan mewajibkan vaksinasi Covid-19. Padahal Presiden AS Joe Biden yakin, bahwasannya vaksin merupakan solusi untuk menurunkan angka penyebaran Covid-19.

  • Mencabut aturan pemakaian masker

Pada saat itu gubernur Abbott mencabut ketentuan harus memakai masker di negara bagian. Ia bahkan menandatangani perintah eksekutif terhadap vaksinasi wajib bagi orang yang bekerja di lembaga pemerintah, universitas dan sekolah umum.

Tentu saja pengadilan Texas menjumpai banyak tantangan saat mencabut persyaratan memakai masker. Apalagi Abbott juga dinyatakan positif Covid-19 bersamaan dengan lonjakan pasien di seluruh rumah sakit negara bagian.

Meskipun Abbott mencabut aturan wajib memakai marker, nyatanya beberapa took dan restoran wasih mewajibkan pengunjung dan karyawannya untuk memakai masker, seperti yang dilaporkan Reuter.

  • Membagikan informasi palsu ke publik

Membagikan informasi palsu atau hoax memang sudah sering kita jumpai dalam kehidupan bermasyarakat. Hanya saja tindakan bodoh Abbott membuatnya jadi gubernur terbodoh karena membagikan artikel palsu tentang negaranya.

Ia kurang berhati-hati dan waspada dalam mem verifikasi kebenaran informasi sebelum menyebarkannya ke publik atau masyarakat. Sebagai seorang pemimpin yang vokal harusnya Abbott sebagai gubernur menjadi teladan bagi warganya. Terutama dalam hal verifikasi dan penyebaran informasi yang akurat. Mengingat sekarang kita ada di era berita palsu atau hoax dengan mudah tersebar lewat berbagai media.

Situs satir, Dunning-Kruger-Times, mencemooh Abbott setelah gubernur Texas tersebut menyebarkan artikel palsu terkait penyanyi country, Garth Brooks, dimana ia dicemooh saat di panggung karena mendukung Bud Light secara lantang. Christopher blair juga menegaskan, bahwasannya Abbott cocok jadi gubernur terbodoh di Texas. Hal ini tentu saja karena ketidaksesuaian respon Abbott terhadap berita di artikel yang diterimanya.

Abbott membagikan artikel tersebut lewat laman tweetnya, sehingga memudahkan publik mengetahui perilaku memalukan Abbott. Sehingga wajar jika seluruh dunia mencemooh Abbott karena ketidakhati-hatiannya tersebut.

  • Memperbolehkan mahasiswa membawa senjata tersembunyi ke kampus

Kontroversi berikutnya adalah Abbott menyetujui peraturan “senjata di kampus”. Bahkan Abbott telah membuat UU tersebut dan menjadikan kampus sebagai zona bebas senjata.

Hal ini tentu saja menuai polemik dari warga kampus, bukan hanya mahasiswa, dosen pun merasa tidak aman dan terpaksa mengundurkan diri sebelum berlakunya undang-undang tersebut.

Warga sipil Texas sendiri berpendapat, bahwasannya mempersenjatai warga sipil dengan senjata hanya akan menambah kekacauan dan jumlah korban jiwa.

Penutup

Rangkuman kontroversi yang melibatkan Abbott memang sungguh memalukan, baik itu bagi dirinya sendiri maupun pemerintahan yang ada di bawahnya. Dari mulai pencabutan aturan wajib vaksin dan memakai masker, penyebaran berita palsu, dan pengesahan UU yang memperbolehkan senjata di area kampus. Entah apa pertimbangan Abbott ketika melakukan berbagai kontroversi di atas hingga ia mendapat sebutan gubernur terbodoh pada era tersebut.

Dalam kasus penyebaran artikel palsu tentu itu adalah kelalaian Abbott dan kurangnya kecermatan dalam menyaring keaslian sumber informasi. Disamping itu, karena terlalu vokal membuatnya enggan untuk memeriksa fakta sebelum memberikan tanggapan.

Ingat seorang pemimpin mempunyai akses ke publik secara cepat dan luas, sehingga penting bagi gubernur maupun pejabat publik lainnya untuk menjadi teladan bagi warganya. Dimulai dengan kewajiban memverifikasi informasi yang didapat, dengan begitu berita palsu atau hoax bisa diminimalisir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *